SEMINAR NASIONAL 2018

SINDEN #1 2018 – Seminar Nasional Desain & Seni

CALL FOR PAPERS

DESAIN DAN SENI DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Era ekonomi digital menjadi wacana yang menarik perhatian dunia global saat ini. Khususnya Indonesia, hal itu juga tidak terlepas dari  perhatian dunia akademisi. Ini merupakan suatu tantangan dari berbagai aspek – tidak terkecuali desain dan seni guna mewujudkan     “inovasi untuk menghadapi perubahan global dan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan kompetitif” (Joko Widodo, 2017).   Jika tidak ingin mengalami culture shock  atau budaya latah atas wacana tersebut diperlukan suatu ide, konsep bahkan produk desain dan seni yang matang agar manusia Indonesia mampu turut serta dalam perayaaan perubahan global. Tidak hanya sebagai penonton, tapi memiliki andil penting dalam setiap jejak pergerakannya.  Maka dari itu, Fakultas Desain & Seni Kreatif – Universitas Mercu Buana sebagai bagian dari penanggung jawab dunia pendidikan      mengajak para akademisi, peneliti, desainer, dan seniman untuk turut serta berpartisipasi memaparkan setiap hasil pemikiran berupa penelitian atau penciptaan/perancangan desain dan seni melalui beberapa subtopik dibawah ini:

SUB-TOPIK I : Desain, Seni dan Konsep Lokal-Global

Pada sub-topik ini mewadahi setiap proses pengkajian, penciptaan atau perancangan karya/produk seni/desain berbasis konsep lokal-global. Pemahaman lokal-global di sini berbeda dengan jargon “Glokalisasi” yang menitikberatkan penyesuaian lokal terhadap tekanan global. Sub-topik ini tertuju pada proses elaborasi konsep lokal-global (bukan kolaborasi). Melalui proses elaborasi dapat menemukan konsep/ide/karya/produk desain/seni berbasis lokal dengan daya tawar tinggi tanpa harus didominasi oleh standarisasi global.

SUB-TOPIK II : Pendekatan Humaniora – Sosial dan Penerapannya

Humaniora – Sosial adalah bidang ilmu yang telah menambah khasanah kajian/penciptaan/perancangan desain dan seni. Seiring perkembangan jaman, bidang keilmuan ini juga turut berkembang. Para akademisi dan peneliti diharapkan mampu melihat lebih dalam fenomena tersebut. Diperlukan rekonseptulisasi terhadap penerapannya dalam bidang desain dan seni (baik kajian/karya/produk) sehingga tidak terjebak dalam romantisme keilmuan “klasik”.

SUB-TOPIK III : Teknologi Industri Desain dan Seni

Revolusi industri pada tiap tahapnya selalu ditandai dengan perubahan pola produksi dan mekanisme kerja teknologi-industri. Penanda utama tersebut juga memiliki andil yang besar dalam proses perkembangan desain dan seni. Untuk menghadapi wacana revolusi industri 4.0, sub-topik ini mewadahi setiap strategi yang ada dari hasil pemikiran/tindakan tentang pola relasi antara teknologi-industri dan desain-seni melalui perspektif kritis maupun non-kritis.

SUB-TOPIK IV : Inovasi dan Pemberdayaan Desain-Seni dalam Perubahan Global

Kajian/perancangan/penciptaan desain dan seni memiliki keberagaman kerangka berpikir tentang inovasi. Masing-masing individu dengan kreativitasnya mampu menciptakan inovasi dengan ‘daya guna’ yang signifikan. Pada tahap selanjutnya, produk pemikiran itu memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam perubahan global. Hal ini bisa termasuk dalam aspek budaya, politik, ekonomi, agama dan lainnya.

KEYNOTE SPEAKERS

  1. Dr. Yasraf Amir Piliang, MA Akademisi Seni, Desain dan Budaya
  2. Dr. Setiawan Sabana, MFA Akademisi Seni, Praktisi Seni, Desain dan Budaya
  3. Ade Darmawan Direktur Ruang Rupa, Direktur Eksekutif Jakarta Biennale (dalam konfirmasi)

FORMAT PRESENTASI

  • Makalah Individu, 20 menit untuk presentasi dilanjutkan 10 menit untuk sesi diskusi.
  • Presentasi Panel, 90 menit untuk 3 presenter (masing-masing 20 menit untuk presentasi dan diskusi 10 menit). Pengajuan abstrak pada format ini bersifat kolektif yang dikirim oleh salah satu presenter juga bertindak sebagai ketua kelompok panel. Hanya saja pada pengajuannya wajib menuliskan deskripsi singkat tentang topik utama yang mewadahi tiap makalah anggotanya. Kemudian, dilanjutkan penulisan abstrak masing-masing anggota beserta biografinya.
  • Lightning’ Paper, 10 menit untuk presentasi yang berfokus pada laporan penelitian/perancangan/penciptaan oleh mahasiswa atau umum dengan waktu diskusi 5 menit. Pada format presentasi ini boleh menggunakan teknik pecha-kucha dengan maksimal 20 slide power point.
  • Presentasi Poster, penyajian informasi riset/perancangan perindividu/kelompok dalam bentuk poster dengan mengikuti format penulisan yaitu, abstrak, pendahuluan – metodologi penelitian/perancangan/penciptaan – hasil/pembahasan dan Simpulan – Daftar Pustaka. Template poster dapat diunduh melalui: http://fdsk.mercubuana.ac.id/ untuk selanjutnya diisi pemaparan makalah sesuai format poster yang tersedia dan diserahkan kembali ke panitia melalui email: fdsk@mercubuana.ac.id ( Bagi Penyaji Presentasi Poster untuk Perancangan atau Penciptaan, Wajib menyajikan hasil akhir karya atau produknya )

 

PENGAJUAN ABSTRAK

Batas akhir pengajuan abstrak 1 Mei 2018. Pengajuan disertai dengan format presentasi dan biografi presenter di submit melalui link http://gg.gg/SINDEN2018FORMABSTRAK

Abstrak yang telah diseleksi dan dinyatakan lolos akan disampaikan melalui LoA yang dikirim ke email presenter.

CONTOH FORMAT PENGAJUAN ABSTRAK

Nama                        : Dena Anggita

Afiliasi/Institusi        : Universitas Mercu Buana

Email                         : denacell@gmail.com

Format Presentasi  : Makalah Individu/Presentasi Panel/Lightning Paper/Presentasi                                Poster

Sub-topik                 : Desain, Seni dan Konsep Lokal-Global

JUDUL MAKALAH

Abstrak

Dalam proposal abstrak penelitian yang diajukan wajib berisi pendahuluan, masalah, metode dan konsep, hasil. Dalam abstrak maksimal 300 kata.

Kata Kunci: ……………….

Biografi Presenter: …….

Tiap Presenter memperoleh prosiding seminar berisi makalah tiap peserta. Tujuh presenter terbaik akan dipilih oleh para reviewer untuk dipublikasikan makalahnya dalam Jurnal NARADA – ISSN 2477-5134

BAHASA

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi untuk makalah, power point, dan diskusi dalam seminar ini. Setiap presenter mengajukan proposal abstrak dalam bahasa Indonesia untuk direview dan seleksi.

BIAYA REGISTRASI

Pemakalah Umum       : Rp. 350.000,-

Mahasiswa                    : Rp. 250.000,-

Presentasi Poster         : Rp. 250.000,-

Partisipan                      : Rp. 100.000,-

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening BNI 0605 233 359, an.  FDSK Unit Bisnis. Setelah melakukan pembayaran, silahkan mengirimkan bukti pembayaran peserta ke fdsk@mercubuana.ac.id . Batas  akhir pembayaran 29 mei 2018.

TANGGAL PENTING

1 Februari – 1 Mei 2018        : Pengajuan Abstrak

15 Mei 2018                           : Pengumuman seleksi abstrak

29 Mei 2018                           : Batas akhir pembayaran

15 Juli 2018                           : Batas akhir pengumpulan makalah/poster presentasi

8 Agustus 2018                     : Seminar

PETA LOKASI & AKOMODASI

LINK PETA LOKASI SEMINAR

https://www.google.co.id/maps/place/Mercu+Buana/@-6.2091676,106.7362708,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e69f74583703251:0xf977128d7aa40090!8m2!3d-6.2091676!4d106.7384595?hl=en

Universitas Mercu Buana

Jl. Meruya Selatan No.1 Kembangan – Jakarta Barat.  Telp. 021- 5840816 (ext. 5100)

AKOMODASI

Berikut ini adalah beberapa pilihan akomodasi penginapan terdekat bagi peserta seminar dari luar Jakarta. Panitia tidak menyediakan layanan pemesanan akomodasi bagi peserta. Peserta dipersilahkan melakukan reservasi sendiri dengan menghubungi pihak hotel secara langsung.

No Nama Hotel Alamat Telepon Web
1 Fave Hotel Puri  

Jl. Kembang Abadi Utama Blok A1 No. 1, Kembangan Selatan, Kembangan, RT.1/RW.8, Kembangan Selatan Kembangan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

(021) 5807711

 

http://gg.gg/FAVEHOTELPURI
2 Mega Anggrek Hotel  

Jl. Arjuna Selatan no 4A

Tanjung Duren Selatan Grogol

Petamburan, Jakarta Barat

 

 

(021) 5363044

 

http://gg.gg/megaanggrekhotel
3 Red Doorz  

Jl. Putri Bungsu, RT.5/RW.2, Meruya Sel., Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

(021)80629666

 

http://gg.gg/reddoorzmry
4 Zen Room  

Jl. Pemandangan Blok D3 No.1, RT.2/RW.4, Kembangan Sel., Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

 

0855-7467-1004

 

http://gg.gg/zenroompuri
5 Dormitory UMB Jl. Meruya Selatan No.1, Joglo, Kembangan, RT.4/RW.1, Meruya Selatan, Jakarta Barat, 11650 (021) 5840816

 

 

INFO PARTISIPAN

  • Pendaftaran dimulai 1 Februari – 8 Agustus 2018 dengan menghubungi kontak yang tertera dibawah.
  • Pembayaran pendaftaran partisipan bisa dilakukan seperti yang tertera di atas atau dapat melakukan pembayaran ditempat pada 8 Agustus 2018

PENYELENGGARA

FAKULTAS DESAIN & SENI KREATIF UNIVERSITAS MERCU BUANA

Jalan Meruya Selatan No.1, RT.4/RW.1, Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11650

CONTACT PERSON

Dena  Anggita            : Hp. 0856 9431 2344 (Info Partisipan)

Haryudi Rahman        : Hp. 0852 9907 2986 (Info Presenter)

Email                         : fdsk@mercubuana.ac.id